Menginstall Sistem Operasi Linux (Mandriva)

Tugas Makalah :  (Langkah Langkah menginstal Sistem Operasi)
MENGINSTAL SISTEM OPERASI LINUX
(MANDRIVA)
 
DISUSUN
IMRAN :9951276404
AMINAH KARIM :9961824489
AMRAH :9951276274
KISRA :9951944172
NURLIANA :9961275648
JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 4 PALOPO
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kami dapat menyelesaikan makalah ini. Penyusunan makalah ini disusun untuk memenuhi tugas matapelajaran paket teknik komputer dan jaringan. Selain itu tujuan dari penyusunan makalah ini juga untuk menambah wawasan tentang langkah-langkah menginstal sistem operasi linux mandriva.
Akhirnya kami menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami menerima kritik dan saran yang konstruktif agar penyusunan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih dan semoga makalah ini bermanfaat
bagi para pembaca.
Palopo, 30 Januari 2013
Penyusun
Kelompok II

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................  i
KATA PENGANTAR ...............................................................................  ii
DAFTAR ISI ..............................................................................................  iii
BAB I: PENDAHULUAN ........................................................................  1
A.      Latar Belakang .......................................................................  1
B.       Rumusan Masalah ..................................................................  1
C.       Tujuan Penulisan ....................................................................  1
BAB II: PEMBAHASAN
A.      Pengertian Sistem Operasi linux ............................................  2
B.       Langkah-langkah Menginstal Linux Mandriva  .....................  3
BAB III: PENUTUP ..................................................................................  14
A.      Kesimpulan ............................................................................  14
B.    Saran ......................................................................................  14
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................  15
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
           
Kata “Linux” untuk saat ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet dan komunitas mahasiswa yang memiliki hobi unutuk mencoba software-software baru. Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 maupun yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX (Portable Operating Sistem Interface for Unix). Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Mac dari Apple, Windows dari Microsoft dan NetWare dari Novell.
B.     Rumusan Masalah
ü Apa yang dimaksud dengan sistem operasi linux
ü Bagaimana cara menginstal sistem operasi linux mandriva
C.    Tujuan Penulisan
Ø  Sebagai Bahan diskusi
Ø  Memenuhi tugas mata pelajaran
 “Makalah menginstal  Sistem Operasi”
BAB II
PEMBAHSAN
A.    Pengertian Sistem Operasi  Linux
Linux adalah clone dari system operasi unix yang di desain untuk mesin berbasis prosesor 8036,8046 dst, meliputi true multitasking, true multitasking, virtual memory, shared libraries, demand loading. Linux pada mulanya dibuat oleh Linus Torvalds di universitas Helsinki, Finlandia linux pertama kali dikenalkan pada masyarakat sejak bulan november 1991. Adapun kelebihan dari linux adalah:
Full multitasking dan didukung dengan 32 bit
X-Windows system, merupakan standar system grafis untuk mesin unix
Protokol TCP/IP
Linux sangat kompatible dengan standar IEEE POSIX.1
Linux memilikiBuild-in untuk networking, multitasking

Perintah Dasar Linux :
mkdir : Untuk membuat direktori / folder baru
ls : Untuk melihat isi file yang sedang aktif, bisa juga diikuti dengan:
-a : menampilkan semua file/directori yang terhidden dan yang berawalan tanda titik.
-f : menampilkan file/directori tanpa proses sortir
-F : menampilkan tanda ( / ) untuk direktori, tanda ( @ ) untuk file yang symbolic link, tanda ( * ) untuk file yang berisi executable, tanda vertical bar ( I ) untuk FIFO
-l : untuk menampilkan file dengan lengkap
-R : jika di dalam directori terdapat file, maka file tersebut akan ditampikan
-al : menampilkan isi directori baik file yang terhidden maupun yang tidak
cd : perintah untuk berpindah dari direktori satu ke directori yang lain
pwd : perintah yang digunakan untuk melihat informasi directori
rmdir : untuk menghapus directori yang kosong
rm –r nmdir : untuk menghapus directori yang terdapat isi didalamnya
alias penganti = “perintah dasar”
digunakan untuk membuat perintah baru pada operasi sistem
contoh: alias buat=”mkdir”
unalias perintah dasar
B.     Langkah-langkah menginstal sistem operasi linux mandriva
1. Masukkan CD-1 untuk booting komputer, lalu Anda akan menemukan tampilan pertama boot CD-1 seperti Gambar 1.1. Tekan Enter untuk booting standar/default dengan tampilan grafis (GUI). Ikuti langkah-langkah selanjutnya, yang akan kita bahas mulai dengan menu pilihan cara memartisi hard disk.Biarkan system komputer memuat berkas pemasangan dan tunggu hingga muncul halamanpemilihan bahasa. Pilih English sebagai bahasa pemasangan karena ini adalah bahasa standar yangdigunakan dalam paket instalasi Mandriva. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Next.
 
2. Pilih Accept pada halaman lisensi penggunaan perangkat lunak yang disediakan dan lanjutkan dengan menekan tombol Next.
 
3. Pilih Install pada halaman ini, jika pemasangan yang dilakukan adalah untuk memperbaiki system. Mandriva maka akan ada pilihan Upgrade. Pilih saja Install untuk pemasangan baru. Lanjutkan denganmenekan tombol Next.
 
4. Pada halaman penentuan partisi hard disk yang akan digunakan untuk memasang Mandriva, pilihCustom disk partitioning. Dengan menggunakan mode Custom disk partitioning, dapat ditentukanbesaran partisi yang akan digunakan. Dengan demikian pengelolaan partisi hard disk pun akan menjadilebih detail. Tekan tombol Next untuk menuju halaman berikutnya.
5. Pilih partisi yang belum teralokasi dan sudah disiapkan sebelumnya. Lanjutkan dengan menekantombol Next.

6. Kenudian pilih Auto allocate untuk membuat partisi di sistem Linux. Ada 3 ruang partisi yang harusdisediakan untuk sistem Linux. Pertama adalah partisi untuk direktori ROOT yang digunakan untukmenempatkan semua file system dari OS Mandriva Linux. Kedua adalah partisi untuk SWAP yangdigunakan untuk penempatan sementara saat berkas sedang dimuat. Partisi SWAP juga berfungsisebagai tambahan memori (virtual memory). Ketiga adalah partisi untuk direktori HOME yang akandigunakan untuk menempatkan semua berkas yang akan digunakan oleh USER BIASA. Termasukuntuk menyimpan dokumen pekerjaan. Dengan menggunakan mode Auto Allocate, sistem Mandrivaakan secara otomatis mengatur besaran ketiga partisi tersebut yang disesuaikan dengan spesifikasiperangkat keras yang ada. Tekan tombol Done dan dilanjutkan dengan tombol OK untuk memulaiproses partisi.
7. Biarkan proses pembuatan partisi berlangsung hingga selesai.

8. Setelah proses partisi selesai, akan muncul pemberitahuan apakah peket-paket instlasi akan di salinke dalam hard disk. Untuk menyalin paket instlasi ke dalam hard disk, diperlukan ruang untuk partisiroot minimal 10 GB. Jika tidak, abaikan saja pilihan Copy whole CD. Lanjutkan dengan menekantombol Next.
9. Halaman berikutnya adalah halaman pemberitahuan tentang pemambahan media lain yang akandiikutkan dalam proses pemasangan. Pilih saja None dan lanjutkan dengan menekan tombol Next.

10. Pada halaman pemilihan paket-paket yang akan dipasang, pilih Custom install. Lanjutkan denganmenekan tombol Next.
11. Beri tanda centang pada semua pilihan di halaman Package Group Selection atau ikuti seperticontoh gambar dibawah ini. Pemilihan paket-paket tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa berkasberkasketergantungan yang diperlukan oleh sebuah aplikasi juga akan ikut terpasan pada prosepemasangan ini. Lanjutkan dengan menekan toombol Next.
 
12. Karena paket sever juga ikut dipilih untuk dipasang, maka sistem Mandriva akan memberikanpernyataan apakah yakin bahwa paket server juga akan dipasang. Pilih Yes untuk memberikanpersetujuan dan lanjutkan dengan menekan tombol Next.
13. Ikuti proses pemasangan dengan sabar. Waktu pemasangan sangat tergantung pada kondisiperangkat keras yang ada.

14. Bila proses pemasangan selesai, akan sampai pada halaman User managenent. Pada halaman inidiharuskan mengisi informasi pada kolom-kolom yang disediakan. Catat semua informasi yang diisikan pada halaman User management untuk keperluan dikemudian hari. Lanjutkan dengan menekantombol Next.
15. Pada halaman bootloader, pilih First sector of drive (MBR). Pilihan ini untuk memastikan jikamasih terdapat sistem Windows, maka sistem windows tersebut akan terbaca pada pilihan operatingsystem pada bootloader. Tekan tombol Next untuk melanjutkan.

16. Berikutnya adalah halaman ringkasan yang berisi semua konfigurasi yang dilakukan oleh sistemMandriva secara otomatis. Periksalah informasi yang ada, apakah sudah sesuai dengan kondisiperangkat keras yang ada. Bila sudah yakin, lanjutkan dengan menekan tombol Next.
17. Pada halaman pembaruan (update), pilih saja No karena pembaruan yang diminta oleh sistemadalah pembaruan yang dilakukan dengan online. Tekan tombol Next untul melanjutkan.
18. Halaman terakhir adalah halaman yang berisi ucapan selamat bahwa Mandriva 2008 free telahsukses terpasang di komputer. Keluarkan keping DVD dan tekan tombol Reboot untuk mulaimenggunakan OS Mandriva 2008.
Saat akan memulai menggunakan Mandriva 2008.0 free, akan ada pilihan OS yang akan digunakanpada tampilan halaman bootloader. Pilih Mandriva 2008 untuk menggunakan Mandriva dan pilihWindows jika ingin menggunakan kembali OS Windows.
SELESAI.


BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Langkah−langkah singkat untuk menginstal adalah sebagai berikut :
CD Linux merupakan CD yang dapat langsung diboot bila ROM BIOS anda mendukung. Bila tidak maka dapat digunakan disk boot.
           
B.       Saran
         Untuk mampu mengembangkan minat dan keaktifan siswa-siswi serta pengetahua mengenai Linux Mandriva
         Dalam hal ini penyusun menyampaikan kepada semua pembaca ataupun pendengar agar mampu mengefisienkan waktu untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat artinya janganlah anda menunggu bola tapi jemputlah bola itu.. itulah informasi yang sangat berharga yang mampu anda dapatkan dan berguna.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.micrognosis.com/nreadwin/fwtk/history.txt ; tentang sejarah TIS FWTK. http://www.ssc.com/lj/issue25/1024.html ; dokumen "Creating Firewall using the TIS Toolkit" karangan BENJAMIN EWY.
ftp://ftp.tis.com/pub/firewalls/toolkit/dist ; Program TIS FWTK. Untuk menginstallnya di Linux, Anda harus mendownload patchnya di 
ftp://ftp.tisl.ukans.edu/pub/security/firewalls/fwtkpatches.tgz.

1 komentar: